Lifestyle, Hobi, and Story

Pikir - Pikir Sebelum Traveling

Wednesday, November 21, 2018
Assalamu'alaikum,

Apakabar traveller? Sehat ya? Udah kemana aja tahun ini? Tercapai semuakah planningnya?

Jangan tanya saya sudah kemana aja ya temans, karena sejauh - jauhnya perjalanan saya ya sekitaran jabodetabek, geser dikit ke bandung, atau jauhan dikit pulang kampung.

Jadi tahun ini bener - bener tidak mengagendakan travelling jauh. Karena ya memang tidak ada anggarannya maakkk. Duh mending ngedekem dirumah ya daripada maksain diri trus ngutang sana sini cuma sekedar pengen terlihat keren dan dapat spot untuk photo yang instagrameble.

Tapi tahun depan boleh dong kita kemana, enaknya kemana ya?, perjalanan yang tidak terlalu jauh, hemat waktu, dan pastinya hemat biaya juga. *tetep kan emak2 mah memegang azaz iritologi*

Tik,, Tik.. Tik.. waktu berdetik

persiapan sebelum traveling
pict by pinteret edit by me


Kemana dong? Se- enggak punya ide itu saya untuk merencanakan traveling. Bener - bener tidak ada bakat jadi traveler apalagi travel blogger. bhay!

Karena saya belum tahu mau kemana, saya cuma mau kasih tips nih buat temans semua yang mungkin bencana untuk traveling. Apakah itu? cekidot..

1. Tentukan Tujuan dan Gali Informasi Sebanyak - banyaknya

Ini penting banget ya temans. Sebenernya kita bisa minta pendapat orang sekitar kita yang mungkin udah pernah kesana atau bisa juga kita mencari informasi via google, tentang bagaimana cuaca disana, akses perjalanannya, penginapan bila ada rencana menginap, dsb. Karena pengalaman beberapa kali pergi kesuatu tempat wisata terus sampai sana tuh beneran kita jadi kaya orang bingung apalagi kalau gak pakai tour guide. Akhirnya malah tidak bisa explore dengan maksimal.

2. Tentukan Target Waktu untuk travelling

Maksudnya adalah kapan kita akan melakukan travelling. Iya dengan waktu yang sudah jelas kita bisa menetukan kapan mengajukan cuti, Apa saja yang harus dibawa karena pertimbangan musim dan cuaca biar gak salah kostum juga sih salah satunya, hehehe.

3. Buat Itenerary / Rencana / Rundown Acara

Buatlah itenery sebelum melakukan perjalan meskipun kita pergi sebagai backpacker sekalipun. Supaya perjalanan kita lebih terarah dan jelas. Kan sayang ya udah sampe lokasi kita baru kelimpungan mau ngapain, ujungnya malah lelah doang.

4. Persiapan Diri dan Materi

Mulai nabung dari sekarang, berapa lama tenggat waktu yang kita butuhkan maka nominal yang kita sisihkan bisa kita sesuaikan. Asalkan niatan kita untuk travelling tidak mengganggu cashflow ya. Karena menurut saya travelling itu hiburan. Tujuannya adalah untuk refreshing. Jangan sampai sepulang dari traveling malah kalang kabut karena hutang menumpuk atau jatah belanja kebutuhan sehari - hari ikut terpakai. Ayo skala prioritas anggarannya di perhatikan.

Karena buat saya traveling itu masih berupa kebutuhan tersier. Butuh sih tapi gak urgent. Jadi gak perlu maksaan diri juga harus travelling padahal kondisi keuangan kita tidak memungkinkan.

Selain persiapan materi, kita harus mempersiapkan fisik. Jaga kesehatan sebelum dan selama kegiatan travelling. Jangan terlalu berlebihan Supaya tujuan utama kita untuk refresh, rilex dan bersenang - bersenang bisa terwujud.

Nah, sambil mikir mau pergi kemana bisa juga kita sisihkan anggaran liburan setiap bulannya. Terus di waktu tertentu tinggal kita pilih destinasi yang sesuai dengan budget.

Yang penting kan bukan kemana kita pergi tapi dengan siapa kita menjalani hari. 

hahaha Klasik!


Wassalam,

Delima Merah

2 comments on "Pikir - Pikir Sebelum Traveling"
  1. katanya, kita tidak tau akan kemana kalau tidak tau asal kita dari mana. hmhm

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9