Lifestyle, Hobi, and Story

5 Buku Yang Menemani Program Kehamilanku

Thursday, November 29, 2018

Assalamu'alaikum,.

Adakah dari pembaca semua yang sedang program hamil seperti saya? kalau begitu kita senasib ya. Dalam situasi seperti yang saya alami, yaitu berjuang mendapatkan momongan tentu saja kondisi yang rawan stress banget. Awal mulai promil sejak tahun pertama pernikahan gampang banget ngedown, sedih dan terpuruk.

Saya rasa wajar saja, itu artinya kita masih punya kepekaan emosi. akan tetapi bila tidak dikelola dengan baik justru akan menghambat terjadinya kehamilan itu sendiri. 

Setelah melakukan ikhtiar ke dokter, yang perlu kita lakukan adalah banyak - banyak mendekatkan diri kepada Allah SWT supaya bisa lebih ikhlas menjalaninya. 

Selain itu saya juga banyak membaca buku tentang program kehamilan. Faedahnya tentu saja bisa menambah pengetahuan saya, semakin memahami proses terjadinya kemailan dan segala macam penghambat dll membuat saya semakin mengerti dan berusaha lebih santai menjalani program kehamilan saya.

Berikut ini adalah buku yang pernah saya baca dan mungkin bisa menjadi referensi bagi kalian yang sedang promil .


1. Panduan Cara Cepat Hamil 




Dalam buku terbitan Digi Pustaka setebal 299 halaman yang ditulis oleh  dr. Rosdiana Ramli, Spog. ini  mengupas tuntas Cara Cepat Hamil

Dari mulai pengertian infertilitas, sistem reproduksi, menentukan masa subur, hingga segala macam mitos seputar kehamilan. Tidak hanya itu bahkan di dalamnya ada bab yang khusus berisi berbagai pertanyaan yang biasantmya melanda pasutri saat program kehamilan.

Selain Itu dalm buku ini juga dijelaskan secara gamblang tahapan saat akan mulai untuk program kehamilan melalui bantuan dokter. Bagi pemula dalam urusan per- promilan sedikit banyak buku ini memberikan jawaban step by step pemeriksaan apa yang harus dilakukan pasutri yang ingin mendapat momongan

Meski demikian dr. Rosdiana Ramli Spog mengakui dan tetap meyakinkan pada kita bahwa para dokter, bidan dan tenaga medis laiinya hsnyslsh manusia biasa yang hanya bisa membantu meningkatkan peluang kehamilan dan sama sekali tidak memiliki kemampuan dalam memastikan kehamilan. 

2. Buku Pintar Cepat Hamil




Seakan belum puas membaca buku pertama yang memang  saya pinjam dari seorang teman yang sedang berjuang menjadi ibu juga.  Akhirnya membeli lagi buku yang isinya kurang lebih sama.

Tapi yang membedakan adalah buku ini langsung pada inti permasalahan yaitu menjabarkan secara terperinci beberapa metode yang bisa dipraktekan untuk memperoleh kehamilan.

Buku ini ditulis oleh Wanda Ayu yang merupakan duta ramuan herbal juga dan Laksmi Arsita yang merupakan seorang bidan menberikan beberapa metode untuk cepat hamil yaitu : metode alamiah, metode kedokteran, metode golongan darah, dan metode herbal


3. Panduan Terlengkap untuk Calon Ibu dan Ayah tentang Kehamilan, kelahiran, dan Bayi




Well seperti judulnya ya ini buku lengkap banget. Penulisnya yaiu Philip D Sloane, M.D, Salli Benedict,M.Ph dan Melanie Mintzer, M.D. membagi pokok bahasan menjadi 5 bagian, yaitu:
  • Sebelum Hamil

Meliputi pengambilan keputusan untuk memiliki anak, serta mempersiapkan tubuh untuk menyongsong kehamilan atau bahkan kehamilan tanpa rencana sekalipun.
  • Tiba Bulan Pertama
Dimulai dengan memilih tenaga kesehatan, perawatan pralahir, dan bagaimana pentingnya gizi yang baik, olah raga. Selain itu di bahas pula kemungkinan kasus pada ibu bekerja, juga kemungkin aterburuk saat mengalami keguguran.Tak hanya itu penulis juga menjabarkan tentang emosi dan seksualitas pada ibu hamil. 
  • Masa Tiga Bulan Yang  di tengah
Menjelaskan fase-fase pertumbuhan janin, bagaiaman ibu hamil menyikapi perubahan tubuh yang umumnya terjadi juga emosi, dan pertimbangan untuk bepergian selama hamil,
  •  Masa Tiga Bulan Terakhir
ini adalah dimana usia kehamilan menginjak trimester akhir. Saat - saat paling mendebarkan yaitu menunggu kelahiran bayi. Bagaimana menjalani perawatan pralahir dan pemerikasaan di akhir kehamilan. Juga anjuran untuk meredakan nyeri persalinan.
  • Anda Dan Bayi Anda
Apasaja yang seharusnya dilakukan saat di rumah sakit, latihan dasar bagi orang tua dan bagaimana memulihkan fisik ibu baru

Demikian runut dan cukup lengkap segala penjelasan ada dalam buku setebal 431 halaman ini.


4. Mencetak Anak Genius Sejak Dalan Kandungan




Buku karya Bunda Novi ini menitik beratkan pada bagaimana menjalani kehamilan yang sehat dan bahagia karena akan sangat berpengaruh bagi perkembangan janin dalam kandungan. Mulailah membiasakan hidup yang penuh kedamain, ketentraman, penuh cinta dan kasih, pikiran yang positif, sabar dan penuh keikhlasan juga rasa syukur. 

Karena Faktor tersebut menjadi salah satu pendorong kuat pembentukan karakter dan jiwa janin. Selain itu kita kita bisa membeikan beragam stimulasi untuk meingkatkan kecerdasan otak janin dengan cara mengajak berbicara sejak dalam kandungan, membacakan cerita atau mendongeng, mendengarkan lagu, mengelus - elus perut,  merangsang dengan cahaya juga di iringin dengan asupan gizi yang seimbang.

Buku terbitan Diva Press setebal 172 halaman ini bisa menjadi bacaan ringan yang cukup penting untuk para ibu dan calon ibu.

5. Nutrisi Pintar Ibu Hamil & Menusui Golongan Darah A




Buku ini di tulis oleh Milda Ini, yang merupakan alumni Poltekes Keperawatan Depkes, Bengkulu. Diterbitkan oleh Bhuana Ilmu Komputer (BIP) Kelopok Gramedia, setebal134 Halaman

Penasaran aja tentang diet golongan darah apalagi ini buat kehamilan. Karena selain menjelaskan karakteristik si gololongan darah A juga memberikan pedoman dan rambu - rambu dalam memilih sumber makanan yang baik untuk tubuh. Dilengkapi pula dengan aneka resep masakan juga smoothies.

Apakah Dengan membaca kelima buku diatas menjamin keberhasilan program kehamilan saya? Wallahu'alam. Sekali lagi kehamilan adalah mutlak Hak Allah SWT saya hanya berusaha semaksimal yang saya bisa.

Wassalam,

Calon Ibu

Tulisan ini disertakan dalam #BPN30dayChallenge2018 #BloggerPerempuan







Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9